Rabu, 05 Juni 2013

Structure Games ( Permainan Struktur Kalimat )

Permainan Struktur Kalimat (Structurs Games) - Belajar bahasa Inggris pada kesempatan kali ini akan membahas beberapa permainan bahasa Inggris mengenai struktur kalimat (structure games). Seperti yang kita ketahui bahwa belajar struktur kalimat khususnya bahasa Inggris bukan merupakan pekerjaan mudah, apalagi jika kita masukan materi struktur kalimat untuk siswa sekolah dasar. Banyak guru atau pengajar kebanyakan menghindari menyisipkan materi struktur kalimat dalam mengajarkan bahasa Inggris. Hal itu sebenarnya tidak boleh, karena selain anak diberikan banyak materi mengenai vocabulary dan pronounciation dari vocabulary itu sendiri, anak juga harus diberikan materi struktur kalimat untuk bisa menggunakan materi vocabulary yang telah mereka dapatkan, sehingga materi vocabulary yang telah mereka dapatkan tidak terbuang sia-sia.

Untuk itu lah pada kesempatan kali ini penulis mencoba untuk menghadirkan beberapa permainan bahasa Inggris yang berkaitan dengan pembentukan struktur kalimat (structure games). Semoga bermanfaat. Check this out!!!
1. Bananas
  • Tujuan: Untuk melatih menggunakan Wh-questions.
  • Level Bahasa: Semua

Permainan ini dirancang untuk melatih siswa dalam menggunakan wh-qustion yang tentunya dengan cara yang menyenangkan. Permainan bananas sangat lah simpel, setiap siswa diminta untuk menanyakan sesuatu dengan menggunakan wh-question ke siswa yang lain tapi siswa tersebut harus menjawabnya dengan kata "bananas". Tujuan dari permainan ini adalah untuk membuat semua siswa tertawa dengan jawaban yang tidak relevan.

Pertanyaan yang dilontarkan oleh siswa pun haruslah yang sangat aneh. Dalam permainan ini tidak menggunakan yes/no questions, hanya menggunakan wh-questions saja. Permainan ini sangatlah populer, siswa mungkin ingin memainkan nya lagi. Tidak cuma menggunakan kata "bananas", kita juga bisa menggunakan kata selain itu, misalnya "onions", "spaghetti", atau "spinach".

Contoh:
Siswa 1 : What do you like best in the world?
Siswa 2 : Bananas 
Siswa 2 : What do you wash your face with every morning?
Siswa 3 : Bananas 
Siswa 3 : What are you going to wear to Mary's party?
Siswa 4 : Bananas
Siswa 4 : What are you going to name your new baby?
Siswa 5 : Bananas
Belajar Permainan Bahasa Inggris

2. Who Am I?
  • Tujuan: Untuk melatih menggunakan yes/no questions.
  • Level bahasa: Menengah (intermediate) dan atas (advance)
  • Peralatan: Topi dan kartu yang bertulis kan nama orang.

Permainan ini membutuhkan persiapan yang matang untuk membuat kartu yang besar dengan nama dari orang terkenal baik yang masih hidup atau yang sudah mati tertera di atasnya. Kartu nama tersebut di tempel kan ke topi yang nantinya akan dipakai oleh siswa.

Siswa kemudian mencoba untuk menanyakan siapa kah nama yang tertera di topi yang mereka pakai dengan menggunakan yes/no questions dengan dimulai dengan menanyakan "who am I" yang kemudian dilanjutkan dengan menggunakan yes/no questions.
"Who am I?"
"Am I living?"
"Am I in the movies?"
"Was I famous for my beauty?"
"Do you know me?"
"Have I been in the news lately?"

Nama yang digunakan dalam permainan ini haruslah menggunakan nama yang terkenal yang tentunya semua siswa mengetahuinya.

3. Questions Only, Please
  • Tujuan: untuk melatih siswa menggunakan wh-questions dan yes/no questions 
  • Level bahasa: Menengah (intermediate) dan atas (advance)

Permainan ini bisa sangat mudah dan bisa juga cukup susah tergantung kemampuan bahasa Inggris siswa. Siswa diminta untuk duduk berpasang-pasangan dan melakukan suatu perbincangan tetapi perbincangan tersebut hanya menggunakan pertanyaan baik menggunakan wh-questions atau yes/no questions. Dan siswa yang menjawab dengan kalimat pernyataan bukannya dengan menanyakan kembali, makan siswa tersebut dianggap kalah atau gagal.

Siswa yang memenangkan percakapan berhak menerima reward dan siswa yang kalah dalam percakapan akan menerima punishment.

Contoh:
Siswa 1: What's your name?
Siswa 2: You want to know my name?
Siswa 1: Are you going to tell me?
Siswa 2: What will you do if I don't tell you?
Siswa 1: What do you think I will do? 
Siswa 2: How should I know? 
Siswa 1: Can't you guess?
Siswa 2: No, I can't

Pada contoh di atas, siswa 2 lah yang kalah karena di akhir menggunakan kalimat pernyataan dan siswa 1 lah pemenangnya. Permainan berhenti jika salah satu siswa menjawab menggunakan kalimat pernyataan bukannya kalimat pertanyaan.
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar